Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis

 

Ada baiknya jika kita mau menggunakan sesuatu, perlu mengetahui baik buruk, kelebihan dan kekurangan, termasuk disini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan digital marketing. Kita berharap ketika sudah lebih memahaminya, kita  bisa menjadi lebih yakin dalam memutuskan untuk menggunakan atau tidak.

Sering terjadi, kita menjadi kecewa dengan sesuatu karena terlalu mempercayai segala informasi tentang kelebihan suatu hal baru, tanpa mengantisipasi adanya kekurangan atau resiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Digital Marketing sesuatu yang baru dan masih relatif sedikit yang memahaminya. Semoga dengan membaca ini, anda menjadi lebih tahu apa saja kelebihan dan kekurangan digital marketing yang akan anda gunakan.



A. Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran
Digital marketing tak lain adalah kegitan marketing dengan menggunakan media digital. Memudahkan disini artinya adalah mudah dalam mendapatkan customer dalam meningkatkan pemasaran.

Digital merupakan teknologi untuk mendapatkan customer lebih spesifik, yaitu menjaring customer yang mempunyai minat dengan produk atau jasa anda, sehingga peluang terjadinya penjualan lebih tinggi.

Jauh lebih jelas dibandingkan cara pemasaran dengan teknik canvasing seperti menyebar brosur, beriklan di koran, majalah, atau datang ke rumah-rumah secara random.


2. Pemasaran Lebih Efektif dalam Menjangkau Customer

Kita bisa menarget ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online kita dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital marketing kita bisa melakukan hal ini.

Berbeda dengan toko offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.


3. Biaya Iklan yang Sangat Murah

Bidang marketing pemasaran tidak akan pernah lepas dengan beriklan. Sudah sejak dari dulu bahwa melakukan pemasaran setidaknya akan menggunakan iklan, mulai dari iklan di kolom koran, majalah, radio, hingga televisi.

Kita tahu harga iklan di media konvensional harganya jutaan, puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang akan sulit dijangkau oleh pebisnis kecil.

Sedangkan beriklan di di Digital Marketing bisa mulai dari budget Rp 50.000 per hari untuk Google Ads, Facebook dan Instagram Ads.


4. Data Pemasaran
Dalam semua aspek iklan digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data.

Data siapa saja audiens yang yang melihat iklan, kata kunci yang dicari, gender, usia, minat, dan lokasi. Semua data diatas bisa digunakan untuk mengelola ikllan yang lebih efektif dan efisien.


B. Kekurangan Menggunakan Digital Marketing

1. Sulit Diterapkan Tanpa Pengetahuan dan Pengalaman
Saya berani menjamin meskipun anda mempunyai modal 10 juta untuk mencoba Digital Marketing sendiri, kemungkinan besar akan sia-sia. Itulah sebabnya banyak perusahaan memilih menggunakan digital marketing agency.

Bahkan dasboard digital marketing yang paling umum digunakan seperti Google Analytics, Google Ads dan Facebook Ads Manager sangat rumit dipahami oleh orang awam yang baru menggunakan, perlu waktu yang lama untuk belajar dan terbiasa.


2. Membutuhkan Passion

Saya sering menemui klien terutama pebisnis yang merasa kesulitan dalam belajar dan menerapkan Digital Marketing seperti SEO, SEM dan SMM. Karena setiap orang mempunyai passion yang berbeda pada setiap bidang.

Sebagai contoh, pekerjaan montir bengkel akan sangat sulit dilakukan jika orangnya tidak mempunyai passion di dunia otomotif.

Bahkan saya sudah sering mengajarkan ke beberapa rekan tentang teknik-teknik SEO, namun kebanyakan mereka kurang antusias, karena mungkin saja karena bukan passionnya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.