Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis
Sering terjadi, kita
menjadi kecewa dengan sesuatu karena terlalu mempercayai segala informasi
tentang kelebihan suatu hal baru, tanpa mengantisipasi adanya kekurangan atau
resiko yang mungkin saja bisa terjadi.
Digital Marketing sesuatu yang baru dan masih relatif sedikit
yang memahaminya. Semoga dengan membaca ini, anda menjadi lebih tahu apa saja
kelebihan dan kekurangan digital marketing yang akan anda gunakan.
A. Kelebihan Menggunakan Digital
Marketing
1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran
Digital marketing tak lain adalah kegitan marketing dengan menggunakan media
digital. Memudahkan disini artinya adalah mudah dalam mendapatkan customer
dalam meningkatkan pemasaran.
Digital merupakan teknologi
untuk mendapatkan customer lebih spesifik, yaitu menjaring customer yang
mempunyai minat dengan produk atau jasa anda, sehingga peluang terjadinya
penjualan lebih tinggi.
Jauh lebih jelas
dibandingkan cara pemasaran dengan teknik canvasing seperti menyebar brosur,
beriklan di koran, majalah, atau datang ke rumah-rumah secara random.
2. Pemasaran Lebih Efektif dalam
Menjangkau Customer
Kita bisa menarget ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau
toko online kita dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital
marketing kita bisa melakukan hal ini.
Berbeda dengan toko
offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada
orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.
3. Biaya Iklan yang Sangat Murah
Bidang marketing pemasaran tidak akan pernah lepas dengan beriklan. Sudah sejak
dari dulu bahwa melakukan pemasaran setidaknya akan menggunakan iklan, mulai
dari iklan di kolom koran, majalah, radio, hingga televisi.
Kita tahu harga iklan di
media konvensional harganya jutaan, puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang
akan sulit dijangkau oleh pebisnis kecil.
Sedangkan beriklan di di
Digital Marketing bisa mulai dari budget Rp 50.000 per hari untuk Google Ads,
Facebook dan Instagram Ads.
4. Data Pemasaran
Dalam semua aspek iklan digital,
baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan
Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data.
Data siapa saja audiens
yang yang melihat iklan, kata kunci yang dicari, gender, usia, minat, dan
lokasi. Semua data diatas bisa digunakan untuk mengelola ikllan yang lebih
efektif dan efisien.
B. Kekurangan Menggunakan Digital
Marketing
1. Sulit Diterapkan Tanpa Pengetahuan dan Pengalaman
Saya berani menjamin meskipun anda mempunyai modal 10 juta untuk mencoba
Digital Marketing sendiri, kemungkinan besar akan sia-sia. Itulah sebabnya
banyak perusahaan memilih menggunakan digital marketing agency.
Bahkan dasboard
digital marketing yang paling umum digunakan seperti Google
Analytics, Google Ads dan Facebook Ads Manager sangat rumit dipahami oleh orang
awam yang baru menggunakan, perlu waktu yang lama untuk belajar dan terbiasa.
2. Membutuhkan Passion
Saya sering menemui klien terutama pebisnis yang merasa kesulitan dalam belajar
dan menerapkan Digital Marketing seperti SEO, SEM dan SMM. Karena setiap orang
mempunyai passion yang berbeda pada setiap bidang.
Sebagai contoh, pekerjaan montir bengkel akan sangat sulit dilakukan jika orangnya tidak mempunyai passion di dunia otomotif.
Bahkan saya sudah sering
mengajarkan ke beberapa rekan tentang teknik-teknik SEO, namun kebanyakan
mereka kurang antusias, karena mungkin saja karena bukan passionnya.
Tidak ada komentar